0285427030 |   [email protected] |   Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan

Wonokerto - BIAN atau singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah upaya yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19. Menyikapi hal tersebut maka Puskesmas telah mempersiapkan berbagai upaya untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Salah satu kegiatannya adalah memberikan sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) kepada Kader Posyandu diwilayah kerja Puskesmas Wonokerto I. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 4 Juni 2022 dan berakhir ditanggal 2 Juli 2022 dengan total kader yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 99 perwakilan dari masing-masing 33 Posyandu dengan mengirimkan masing-masing 3 kader per posyandu.

Dalam pertemuan sosialisasi ini, kader diberikan informasi tentang Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), strategi komunikasi hingga peran dan tugas kader posyandu dalam persiapan dan saat menghadapi kegiatan BIAN dibulan Agustus nanti. Pelaksana Program Imunisasi Puskesmas Wonokerto I, Isrina Yuliati S.ST memberikan materi tentang BIAN dan memberikan pelatihan kepada kader mengenai pendataan sasaran BIAN. Ini penting karena dalam pendataan nanti akan diketahui jumlah sasaran dan persiapan dalam penyediaan Vaksin. Kemudian mengenai strategi komunikasi, Ibnu Irfan, S.KM selaku Promotor Kesehatan  Puskesmas Wonokerto I menyampaikan berbagai strategi komunikasi efektif kepada kader posyandu untuk bisa diterima dan dipahami masyarakat, khususnya bagi yang mempunyai anak usia 9-59 bulan untuk melengkapi imunisasi dasar sebelum nanti diberikan booster vaksin campak.

Pesan dari Kepala Puskesmas Wonokerto I dr Agustina Rusmawati kepada pada pertemuan tersebut mengharapkan kepada kader untuk memberikan informasi yang baik kepada masyarakat, terutama bagi masyarakat yang mempunyai anak usia 9-59 bulan untuk melengkapi imunisasi dasar dibulan Juli agar nanti pada saat diberikan bosster campak dibulan Agustus si anak tidak disuntik lebih dari 1 jenis vaksin dikarenakan imunisasi dasarnya belum lengkap.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan nanti kader posyandu sebagai penyambung pesan dari Puskesmas bisa menyampakan informasi tentang BIAN dengan baik pada masyarakat diwilayahnya masing-masing, sehingga nanti dibulan Agustus kegiatan bisa berjalan dengan optimal.

(Ibnu)